Enjoy Driving to the Fullest

Apa itu PROXIMA Turbojet Accelerator?

Dalam keseharian berkendaraan, seringkali kita merasa mobil yang dikendarai tidak se-responsive seperti yang kita inginkan. Pedal gas sudah diinjak dalam-dalam, tetapi tetap saja kosong (ngempos). Akselerasi tidak bisa spontan, apalagi pada saat menanjak. Pertama, penyebab kekosongan tersebut karena kurang padatnya udara yang masuk ke ruang bakar, sebab udara masuk hanya mengandalkan hisapan dari piston. Kedua, akibat keterlambatan, karena selain panjangnya perjalanan, udara mendapat banyak hambatan mulai dari filter udara, throttle body dan katup masuk sebelum udara tersebut sampai ke ruang bakar. Belum lagi tingkat kepadatan oksigen di udara yang berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Pembakaran pun tidak sempurna sehingga mengakibatkan penumpukan karbon pada piston, di sekitar katup masuk, katup keluar, dan di dalam catalytic converter karena BBM tidak habis terbakar. Masalah seperti kekurangan tenaga, boros BBM, ngelitik, panas berlebih, dll menjadi sangat umum.

 

Di sinilah Proxima Turbojet Accelerator hadir sebagai alat bantu untuk memadatkan dan mempercepat udara yang masuk ke ruang bakar, tanpa perlu modifikasi sama sekali. Ini adalah produk pertama yang memanfaatkan udara masuk sebagai penggerak propeller turbine-nya. Udara yang masuk sekaligus dimanfaatkan untuk menggerakkan propeller turbine. Propeller turbine ini otomatis akan menggerakkan propeller kompressor karena kedua propeller ini terhubung pada shaft yang sama. Pemampatan dan percepatan udara yang terjadi membuat massa oksigen menjadi lebih padat dan volumenya bertambah. Hal inilah yang akan menghilangkan kekosongan tadi, sebab udara sudah tersedia dan putaran mesin meningkat seketika pada saat pedal gas diinjak. Terjadilah pembakaran sempurna, torsi dan tenaga maksimum cepat tercapai, ruang bakar bersih, tak ada lagi ngelitik, panas berlebih dan boros BBM. Akselerasi menjadi spontan dan kenyamanan berkendaraan pun tercapai.

Prinsip kerja Proxima Turbojet Accelerator sebenarnya sama seperti Turbo Charger, hanya saja penggerak propeller turbine-nya yang berbeda. Kalau Turbo Charger memanfaatkan gas buang, Proxima Turbojet Accelerator memanfaatkan udara masuk. Adapun antara gas buang dan udara masuk, baik kekuatan tekanan, kecepatan maupun volumenya semuanya sama.

Beberapa keuntungan apabila memanfaatkan udara masuk adalah sebagai berikut:

1. Udaranya dingin sehingga tidak membutuhkan intercooler

2. Tidak terjadi turbo lag seperti yang lazim terjadi pada Turbo Charger

3. Universal, bisa diaplikasikan di mobil apa saja. Bensin/diesel termasuk yang sudah turbo charged

4. Dapat dipakai selamanya, maintenance hanya pada penggantian bearing secara berkala